5 KEINDAHAN ALAM INDONESIA




Danau Toba, Sumatera Utara


Sebuah danau vulkanik dengan kurang panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer menjadikan Danau Toba menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. di tengah danau ini terdapat seuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Sudah lama Danau Toba menjadi destinasi utama para petualang saat berkunjung ke Sumatera Utara selain Bukit lawang dan Nias. 

Raja Ampat, Papua Barat


Raja Ampat adalah sebuah kabupaten dan merupakan bagian dari Propinsi Papua Barat. Untuk mencapai Kepulauan ini, kita harus menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan banyak menggunakan penerbangan untuk sampai ke kota ini. Setelah sampai kota Sorong, kita dapat menggunakan sejenis kapal cepat yang biasa berlayar dua kali sehari menuju Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 2-3 jam saja dari pelabuhan Sorong, hingga sampai di pelabuhan Waisai Raja Ampat.


Secara umum, Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayahnya. Namun demikian, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Empat pulau besar inilah yang menjadi titik awal penyebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Wilayah perairan adalah daya tarik utama Raja Ampat, mengingat perairan Raja Ampat adalah salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian tentang kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat.



Gunung Bromo, Jawa Timur




Terkenal sebagai objek wisata, Gunung bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif. Kamu bisa trekking menuju puncak kawahnya dengan menaiki tangga. Gunung Bromo adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Pulau Jawa.

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara


Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Tidak heran apabila keindahan alam bawah laut Bunaken telah mengundang ribuan petualang untuk datang berkunjung. 

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur



Disebut- sebut sebagai Afrikanya Indonesia, Taman nasional ini merupaka ikon hutan yang spesifik kering di Pulau jawa. Terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai,  hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.



Ternyata, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa ya. Jelajahi keindahan- keindahan tersebut dan temukan spot tersembunyi lain yang menjadi referensi kamu dan para petualang lain!

Komentar

Posting Komentar